Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Geraknya

Bookmark and Share
Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Bergerak - Salah satu cara bakteri bergerak adalah dengan bantuan flagela. Flagela adalah struktur tambahan alat pada beberapa bakteri berupa bulu cambuk yang berfungsi sebagai alat gerak. Berdasarkan letak dan jumlahnya, bakteri dikelompokkan ke dalam 4 tipe, yaitu monotrik, lofotrik, amfi trik, dan peritrik. Perhatikan Gambar 1.

berbagai tipe flagella bakteri monotrik lofotrik amfitrik peritrik
Gambar 1. Berbagai tipe flagella bakteri (a) monotrik, (b) lofotrik, (c) amfitrik, dan (d) peritrik
Bakteri monotrik adalah bakteri dengan satu flagela pada salah satu ujung tubuhnya. Apabila jumlah flagelanya lebih dari satu disebut lofotrik. Sedangkan bakteri amfitrik adalah bakteri yang memiliki lebih dari satu flagela dan flagela-flagela tersebut terletak pada kedua ujung tubuhnya. Apabila flagela-fagela tersebut terdapat pada seluruh permukaan tubuhnya disebut peritrik.

Anda sekarang sudah mengetahui Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Geraknya. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger