Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Memperoleh Energi dan Karbon

Bookmark and Share
Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Mendapatkan Energi dan Karbon - Berdasarkan cara memperoleh energi dan karbon, bakteri dibedakan menjadi empat kategori, yaitu fotoautotrof, kemoautotrof, fotoheterotrof, dan kemoheterotrof. Fotoautotrof adalah bakteri fotosintetik yang memanfaatkan energi cahaya untuk mensintesis senyawa organik dari karbondioksida. Contoh bakteri fotoautotrof adalah kelompok sianobakteri. Sedangkan kemoautotrof merupakan bakteri yang hanya memerlukan CO2 sebagai sumber karbon bukan sebagai sumber energi. Bakteri ini memperoleh energi dengan mengoksidasi bahan-bahan anorganik. Energi kimia diekstraksi dari hidrogen sulfida (H2S), amonia (NH3), ion fero (Fe2+), atau bahan kimia lainnya. Contohnya adalah bakteri Sulfolobus sp. yang mengoksidasi sulfur. Kedua kelompok tersebut adalah kelompok bakteri yang mampu mensintesis energinya sendiri (autotrof ).

Sedangkan bakteri yang tidak mampu mensintesis energi secara mandiri disebut kelompok heterotrof, terdiri dari fotoheterotrof dan kemoheterotrof. Bakteri fotoheterotrof yaitu bakteri yang menggunakan cahaya untuk menghasilkan ATP, tetapi harus menggunakan karbon dalam bentuk organik. Sedangkan kemoheterotrof yaitu bakteri yang harus mengonsumsi molekul organik untuk sumber energi dan karbon. Contoh bakteri kemoautotrof adalah Beggiota sp. (Gambar 1), yaitu bakteri kemoautotrof yang mengoksidasi H2S.
Beggiota sp.
Gambar 1. Beggiota sp. (Hinck et al., 2007)
Sebagian besar bakteri adalah kemoheterotrof, terdiri dari kelompok saproba (pengurai) yang menyerap nutrien dari bahan organik dan kelompok parasit yang menyerap cairan dari tubuh inang yang masih hidup.

Anda sekarang sudah mengetahui Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Memperoleh Energi dan Karbon. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Hinck, S., T. R. Neu, G. Lavik, M. Mussmann, D. de Beer and H. M. Jonkers. 2007. Physiological Adaptation of a Nitrate-Storing Beggiatoa sp. to Diel Cycling in a Phototrophic Hypersaline Mat. Appl. Environ. Microbiol, 73 (21): pp. 7013-7022. DOI: 10.1128/​AEM.00548-07.

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger