Pengertian Organisme Prokariotik

Bookmark and Share
Pengertian Organisme Prokariotik - Dalam mempelajari berbagai jenis makhluk hidup, para biolog menciptakan sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu usaha mengelompokkan berbagai jenis makhluk hidup ke dalam berbagai kelompok. Ketika muncul sistem klasifikasi 4 kingdom, bakteri dan sianobakteri (ganggang hijau biru) digolongkan sebagai anggota Kingdom Monera. Monera merupakan kelompok organisme bersel tunggal (uniseluler) dan tidak memiliki membran inti sel atau disebut prokariotik (dalam bahasa Yunani moneres berarti ‘tunggal’). Organisme prokariotik merupakan organisme yang paling banyak di bumi. Bahkan, jumlah organisme prokariotik yang berada di mulut, kulit, atau segumpal tanah jauh melebihi jumlah manusia di bumi. Selain jumlahnya paling banyak, organisme prokariotik merupakan organisme yang paling mudah berkembangbiak dan memperbanyak diri. Organisme ini telah bertahan selama miliaran tahun. Prokariotik adalah sel pertama yang merupakan awal dari seluruh kehidupan di bumi.
Antoonie van Leeuwenhoek dan mikroskop temuannya
Gambar 1. Antoonie van Leeuwenhoek dan mikroskop temuannya
Anggota terbesar kelompok organisme prokariotik adalah bakteri. Penelitian tentang bakteri dimulai ketika Antoonie van Leeuwenhoek menemukan mikroskop pertama kali pada akhir abad ke-17 (Gambar 1). Leeuwenhoek (1632-1723) adalah ilmuwan Belanda pertama yang merancang dan menciptakan mikroskop berlensa tunggal. Dengan mikroskop buatannya, pada tahun 1683, ia menjadi orang pertama yang melihat bakteri. Ia membuat sketsa bakteri yang ditemukan dari giginya sendiri. Sejak saat itu, studi tentang makhluk-makhluk kecil mulai giat dilaksanakan. Beberapa ahli yang mempelajari jasad renik antara lain Pasteur, Davaine, Koch, dan Winogradsky. Ilmu tentang jasad renik ini disebut mikrobiologi. Pada abad ke-20, mikrobiologi terpecah menjadi mikrobiologi tanah dan mikrobiologi industri. Selain itu, bakteri dipelajari secara khusus dalam bakteriologi.

Dahulu organisme prokariotik dikelompokkan ke dalam Kingdom Monera. Dalam sistem klasifikasi terbaru, organisme prokariotik dikelompokkan ke dalam dua domain, yaitu Domain Bacteria dan Domain Archaea. Sedangkan semua organisme eukariotik dikelompokkan menjadi satu domain, yaitu Domain Eucharea. Dengan sistem klasifikasi tersebut Kingdom Monera sudah tidak ada lagi karena anggota-anggotanya sudah naik ke kategori domain. (Eubacteria menjadi Domain Bacteria dan Archaeobacteria menjadi Domain Archaea). (Sumber: Campbell, Reece, Mitchel, 2003, hlm. 106.)

1. Ciri-Ciri Prokariotik

2. Struktur Tubuh Prokariotik

3. Reproduksi Organisme Prokariotik

Anda sekarang sudah mengetahui Pengertian Organisme Prokariotik. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger