Kata-Kata Bijak Mario Teguh Bahasa Jawa

Bookmark and Share
kata bijak mario teguh
Kata-Kata Bijak Mario Teguh Bahasa Jawa. Postingan kata-kata bijak saya sebelumnya dengan bahasa Inggris tapi kali ini sedikit berbeda dan lain karena kata-kata bijak dari Mario Teguh kali ini menggunakan bahasa Jawa. Karena Unik dengan bahasanya, saya jadi ingin nambahin kumpulan artikel kata-kata bijak di blog saya yang morat-marit ini. Silakan anda membacanya dibawah ini.







Kata-Kata Bijak Mario Teguh

Pak Mario, omonganmu iku kedhuwuren, teori thok!
Iyo, ancene kedhuwuren.
Lha iyo, mbok rodho’ di-endekno sitik ngono lho?
Iyo, supoyo pas gawe awakmu yo?
Opo opo?
He he … jarene kedhuwuren? Iku mergo awakmu ndodok, opo mergo males ngadeg?
Hmm … artine kedhuwuren iku yo?
Iyo. Wong sing wis dhuwur - yo nganggep omonganku pas.
Wong sing dhurung ngerti, yo keroso aku iki angel, kedhuwuren.
Lah lek ngono, sing salah sopo?
Aku.
Lha! Bener toh, sing salah awakmu? Aku sing gak ngerti gak salah toh?
Nggak.
Lha terus, yo’ opo?
Opone sing opo?
Lek aku nggak ngerti, awakmu khudu opo?
Aku tak sinau maneh, supoyo ngerti carane ngomong karo wong sing gurung ngerti.
Lho, lek ngono engkuk sing pinter lak awakmu dhewe?
Lha yo’ opo maneh, wong sing nggak ngerti - nggak gelem dikandani?
Lho, aku kok dadine bingung ngene, iki yo’ opo?
Lha awakmu yo’ opo?
Iki mau ngomong opo se kok aku dadi koyo’ uwong nggak nduwe endas?
He he … peno iki lucu Cak?
Lho, sa’jane aku ike biyen pinter.
Kapan?
Pas lahir biyen, ceprot! Aku iki wis langsung pinter.
Wah, bejo temen awakmu Cak!
Iyo, tapi bidan iku kurang asem!
Kene’ opo?
Moso’ pas dhe’e nggowo aku, cekelane mrusut, terus aku lugur?
Lugur? Ceblok?
Iyo! Aku bayi-bayi wis plethak! Nyungsep ndik tekel.
Nyungsep?
Iyo, raiku disek sing mendarat!
Addduuuh … terus yo’ opo Cak?
Yo, aku nuangis ngejjerrr. Jarene sing nulungi aku, aku bayi-bayi ngono mencolat-mencolot koyo break dance …
Wah, terus?
Lha iyo iku, terus pinterku ilang!
Waduh, aku melok prihatin Cak.
Wiiiiiis awak iki apes tenan, IQ ilang, erung mlesek!
Lho, erungmu iku mergo nyungsep iku biyen?
Iyo, termasuk raiku dadi ombo koyo’ tampah ngene iki.
Waduuuh …
Tapi untunge Gusti sik maringi selamet. Aku iki elek-elek ngene, ngrejekeni.
Alhamdulillah!
Lho, iki dadine kok saiki aku seneng karo awakmu Pak Mario?
Subhanallah!
Aku iki maune nggak seneng karo awakmu.
Kene’ opo?
Kok, koyo’ orip iki gak adil, kok onok uwong ngganteng, pinter, okeh sing kenal!
Sopo iku Cak?
Awakmu ojok ethok-ethok nggak ngerti yo?
He he … tapi aku yo nggak ngono-ngono banget.
Tiba’e awakmu iki apik uwonge, nggak ngeyel lek diilokno, tetep mesem lek dieyel, sabar ngrungokno ceritane wong liyo.
Matur nuwun Cak.
Yo wis, saiki aku tak sabar-sabarno lek ngrungokno awakmu. Lek aku gak ngerti, yo wis tak rungokno ae. Peling nggak, lek awakmu ndungo, aku tak melok-melok ujar Aamiin!
He he … sampeyan iki sejatine wong apik Cak. Aku seneng iso ngobrol karo awakmu koyo’ ngene iki.
Yo wis, aku ta’ mbecak disek. Assalamu’alaikum!
Wa’alaikumussalaam!


kata bijak mario teguh


Terjemahan dari Kata Bijak Mario Teguh berbahasa Jawa-Timuran

(Mohon maaf jika ada ‘rasa bahasa’ yang tidak tersertakan saat diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia)

Pak Mario, bicara Anda itu terlalu tinggi, hanya teori!
Ya, memang terlalu tinggi.
Lha iya, tolong diturunkan sedikit begitu loh?
Ya, supaya pas untuk Anda ya?
Apa apa?
He he … katanya terlalu tinggi? Itu karena Anda berjongkok atau karena Anda malas berdiri?
Hmm … artinya ‘terlalu tinggi’ itu ya?
Ya. orang yang sudah tinggi – akan menganggap bicara saya sudah pas.
Lah kalau begitu, yang salah siapa?
Saya.
Lha! Benar toh, yang salah adalah Anda? Aku yang tidak mengerti tidak salah toh?
Tidak.
Lha terus, bagaimana?
Apanya yang bagaimana?
Kalau aku tidak mengerti, Anda harus apa?
Saya akan belajar lagi, supaya mengerti cara berbicara kepada orang yang belum mengerti.
Lho, kalau begitu nanti yang pandai hanya diri Anda sendiri?
Lah bagaimana lagi, yang tidak mengerti – tidak mau diberitahu?
Lho, kok aku jadinya bingung, ini bagaimana?
Lha Anda bagaimana?
Ini tadi bicara apa sih kok aku merasa seperti orang tidak punya kepala.
He he … Anda ini lucu Cak?
Lho, sebetulnya aku ini dulu pandai.
Kapan?
Dulu saat aku lahir, ceprot! Aku ini sudah langsung pandai.
Wah, beruntung sekali Anda ini Cak!
Iya, tapi bidan itu yang kurang asem.
Mengapa?
Masa’ saat dia membawaku, pegangannya merosot, terus saya terjatuh.
Jatuh. Ceblok? (artinya juga jatuh, tapi lebih menekankan pada ‘moment’ terjadinya benturan yang bersuara ‘plok’ atau ‘blok’)
Iya! Saya masih bayi seperti itu sudah plethak! Nyungsep di lantai.
Nyungsep?
Iya, wajahku duluan yang mendarat!
Addduuuh … terus bagaimana Cak?
Ya, aku nuangis ngejjerrr. Kata orang yang menolongku, aku bayi-bayi begitu mencolat-mencolot (loncat-loncat) seperti sedang break dance …
Wah, terus?
Lha iya itu, terus kepandaianku hilang!
Waduh, saya ikut prihatin Cak.
Udaaah, aku ini sial bener, IQ hilang, hidung mlesek!
Lho, hidung Anda itu karena nyungsep itu dulu?
Iya, termasuk wajah saya jadi lebar seperti tampah begini ini.
Waduuuh …
Tapi untungnya Gusti masih memberikan selamat. Aku ini jelek-jelek begini membawa rezeki.
Alhamdulillah!
Lho, ini jadinya kok sekarang saya senang sama Anda Pak Mario?
Subhanallah!
Aku ini tadi tidak suka sama Anda.
Mengapa?
Kok. Hidup ini tidak adil, kok ada orang cakep (dia yang bilang ya?), pinter, dan banyak yang kenal!
Siapa itu Cak?
Anda jangan pura-pura tidak mengerti ya?
He he … tapi saya juga tidak begitu-begitu amat.
Ternyata Anda itu orangnya baik (dia juga yang bilang ya?), tidak ngeyel jika dicemooh, tetap senyum kalau dibantah, dan sabar mendengarkan ceritanya orang lain.
Terima kasih Cak.
Ya sudah, sekarang aku akan menyabarkan diri saat mendengar Anda bicara. Kalau aku tidak mengerti, ya sudah aku dengarkan saja. Paling tidak, kalau Anda berdoa, aku akan ikut bilang Aamiin!
He he … Anda ini sejatinya orang baik Cak. Saya senang bisa ngobrol dengan Anda seperti ini.
Ya sudah, aku mau narik becak dulu. Assalamu’alaikum!
Wa’alaikumussalaam!



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger