Cara Terampil untuk Meyakinkan Orang

Bookmark and Share
Cara terampil untuk meyakinkan prang adalah kodrat manusia bila orang bersikap skeptis pada anda dan apa yang anda katakan bila anda mengatakan hal-hal yang sifatnya menguntungkan diri anda.

Anda bisa menghilangkan sikap skeptis seperti itu bila anda membuat pernyataan yang sifatnya menguntungkan diri sendiri (pernyataan demi kepentingan anda sendiri) dengan mengatakannya dengan cara yang berbeda.

Caranya adalah, anda tidak membuat peryataan itu secara langsung, melainkan mengutip seseorang. Biarkan orang lain membuat pernyataan itu untuk anda, sekalipun orang lain itu tidak hadir.

Contoh--- jika anda ditanya apakah produk yang anda jual akan tahan lama, anda bisa menjawabny, “tetangga saya sudah menggunakannya empat tahun lebih dan sampai sekarang kondisinya masih bagus.”

Artinya, tetangga adalah yang menjawab pertanyaan itu untuk anda, sekalipun dia tidak ada di situ.

Contoh---jika anda melamar sebuah posisi da si calon majikan ingin tahu apakah anda dapat melakukan pekerjaan itu dengan baik. Anda bisa mengatakan betapa senangnya majikan anda yang dulu dengan pekerjaan anda, dsb.

Contoh---jika anda berusaha menyewakan apartemen anda dan orang yang hendak menyewa bertanya apakah apartemen itu tenang dan nyaman. Anda bisa mengatakan bahwa penyewa sebelumnya pernah berkomentar betapa tenang dan nyamannya tinggal di apartemen itu, tapi saying mereka harus pindah ke kota lain.

Jadi---dalam semua contoh itu, anda tidak menjawab pertanyaan. Tetangga anda, mantan majikan anda, dan mantan penyewa apartemen andalah yang menjawab pertanyaan-pertanyaan itu untuk anda.

Orang yang sedang anda ajak bicara akan lebih terkesan daripada jika anda sendiri yang menjawabnya.

Kelihatannya ini aneh, tetapi orang tidak akan meragukan sedikit pun bahwa apa yang anda katakana pada mereka secara tidak langsung itu adalah benar. Namun mereka akan sangat skeptis jika anda mengatakannya dari diri anda sendiri.

Jadi---bicaralah lewat orang ketiga!

Kutiplah orang lain---kaitkan dengan kisah-kisah sukses---aculah fakta dan data statistic.
Pengarang : Les Giblin
Buku : SKILL WITH PEOPLE BAB 7

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger