Cara Terampil untuk Membuat Orang Mengatakan "YA!"

Bookmark and Share
Ada banyak cara untuk membuat orang mengatakan “ya” dengan mantap dan senang kepada anda, dan bukan sekedar karena keberuntungan anda, atau keinginan mereka yang tiba-tiba.

Orang yang terampil dalam relasi manusiawi mempunyai tekinik dan metode yang sangat meningkatkan peluang orang untuk mengatakan “ya” berarti membuat mereka melakukan apa yang anda ingin mereka lakukan.

Berikut ini ada empat metode yang baik :

1 . Berilah orang ALASAN untuk mengatakan “ya” kepada anda.

Segala sesuatu di dunia ini dilakukan karena suatu alasan. Jadi---bila anda menginginkan seseorang untuk melakukan sesuatu, berilah mereka suatu alasan mengapa mereka harus melakukannya.

Akan tetapi, pastikan bahwa alasan yang anda berikan adalah alasan mereka, artinya alasan – alasan yang akan menguntungkan mereka.

Cara yang salah adalah anda memberi alasan-alasan yang akan menguntungkan anda.
Singkatnya, katakan pada orang bagaimana mereka akan beruntung dengan melakukan apa yang anda ingin mereka lakukan. Bukan bagaimana anda akan beruntung.

2 . Ajukan pertanyaan “ya”.

Bila anda berusaha membuat orang mengatakan “ya” pada anda, pertama-tama masukkan mereka ke dalam kerangka berpikir “ya”. Ini dilakukan dengan menanyakan tiga atau empat pertanyaan “ya”.

Contoh :
“Anda ingin keluarga anda bahagia, bukan?” (dia jelas ingin).

“Anda menginginkan harga yang terbaik untuk uang anda, bukan?” (dia jelas ingin).
Pertanyaan “ya” adalah pertanyaan yang hanya dapat dijawab dengan “ya”.

Gagasan di balik pertanyaan “ya” adalah bahwa jika anda memasukkan orang ke dalam kerangka berpikir “ya”, ini akan lebih memungkinkan mereka untuk mengatakan ya kepada anda.

Akan tetapi, pastikan untuk mengajukan pertanyaan “ya” secara tepat. Yakni, MENGANGGUKKAN KEPALA ANDA “YA”SEWAKTU ANDA MENGAJUKAN PERTANYAAN ITU DAN MULAI PERTANYAAN ITU DENGAN KATA “ANDA”.

“Anda menginginkan blender yang bagus, bukan?” (anggunkan kepala anda sebagai tanda ya).

“Anda menginginkan pakaian yang kelihatan bagus, bukan?” (anggukkan kepala anda sebagai tanda ya).

3 . Berilah orang pilihan di antara dua ya.

Artinya, membuat orang memilih diantar mengatakan ya kepada anda dengan cara ini atau mengatakan ya kepada anda dengan cara ini atau mengatakan ya kepada anda dengan cara lain. Entah cara ini atau cara lain yang mereka pilih, mereka mengatakan ya kepada anda.

Sangatlah disukai untuk memberi mereka sebuah pilihan antara ya dan tidak, ketika anda meminta mereka melakukan sesuatu.

“Ya” berarti mereka akan melakukannya---“tidak” berarti mereka tidak akan melakukannya.

Keterampilannya adalah membuat mereka memilih antara melakukan apa yang anda inginkan dengan cara ini atau cara lain. Misalnya, jika anda ingin bertemu dengan Pak Smith.

“Apakah sore ini waktu yang baik, Pak Smith, ataukah anda lebih senang esok pagi atau esok sore?” (anda memberi Pak Smith sebuah pilihan waktu untuk menemui anda---pilihan ya.

Cara yang lebih jelek adalah meminta janji bertemu. Dengan cara ini anda memberi dia pilihan antara ya(anda bisa bertemu) dan tidak (anda tidak bisa bertemu).
Misalnya:

“Apakah anda menginginkan yang hitam atau anda menginginkan yang putih?” (daripada “Apakah anda menginginkan salah satu dari ini?”).

“Apakah anda ingin mulai bekerja besok atau lusa?” (daripada “Apakah anda ingin mulai bekerja ?”).

“Apakah anda ingin membayarnya secara kredit atau secara tunai?” (daripada “Apakah anda menginginkan ini?”).

Metode ini belum tentu berhasil setiap saat, tetapi hal ini membutuhkan banyak waktu dan akan berhasil jauh lebih baik daripada memberi orang sebuah pilihan antara mengatakan ya dan tidak.

4 . Mengharapkan orang mengatakan “ya” kepada anda dan biarkan mereka tahu mereka diharapkan mengatakan ya.

Bila anda mengharapkan orang untuk mengatakan ya kepada anda, itu adalah keyakinan. Akan tetapi, ini jauh melebihi keyakinan---satu langkah lebih jauh. Anda membiarkan mereka tah, anda jelas-jelas memberi mereka kesan, bahwa mereka diharapkan untuk mengatakan ya.

Hampir semua orang mulai dengan “netral” dan dapat diarahkan. Banyak yang tidak pernah ragu atau goyah melakukan apa yang anda inginkan, begitu anda telah membuat mereka tahu hal itu diharapkan dari mereka.

Ini adalah psikologi yang luar biasa dan akan mudah bagi anda untuk mempraktekkannya setelah beberapa keberhasilan pertama.

Pengarang : Les Giblin
Buku : SKILL WITH PEOPLE BAB 8

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger