Waspadai Sinar UV

Bookmark and Share
Gunakan Krim Sunblock Setiap Keluar Ruangan

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain membantu pembentukan vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang. Namun, sinar ini juga dapat berbahaya bagi kulit, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Jangan khawatir! Meskipun kita sering bersentuhan langsung dengan sinar ultra violet (UV), bukan berarti kita tidak bisa menjaga kulit dari serangan sinarnya. Dokter kecantikan Dr Vi Skin Care dr Vina Oktora mengatakan, sinar UV bisa dihindari dengan menjaga kulit dari sengatannya.

Ketika berjemur di kursi teras atau sedang berjalan di sebuah lapangan, sinar UV dari matahari langsung menyerang ke kulit dan membunuh sel-sel yang biasanya bekerja membuat sel kulit baru. Sinar ultra violet A (UVA) sendiri dapat menembus kulit ke lapisan lebih dalam, tetapi kombinasi sinar UVA dan UVB justru membakar lapisan kulit luar karena energi per photon yang dikeluarkan lebih besar, yakni 8,37 eV.

Sedangkan saat terbakar kulit langsung menjadi merah karena pembuluh darah otomatis bekerja ekstra untuk menyalurkan darah lebih besar ke daerah yang terbakar untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, dan menyingkirkan sel-sel mati. Aliran darah ini yang membuat kulit berubah menjadi merah dan lebih hangat.

“Umumnya sinar UV memang menyehatkan tulang dan kulit, namun jika sering terjadi kontrasi yang berlebihan, maka akan merusak kulit apalagi kulit yang sensitif,” ujarnya.

Untuk menjaga kulit agar terhindar dari sengatan UV dapat diatasi dengan pemakaian sunblock setiap akan beraktivitas di luar ruangan.

Berikut cara pemakaian sunblock yang tepat, agar kulit lebih terawat dan terbebas dari ancaman sinar ultra violet yang membakar kulit kita.

1. Kenakan sunblock pada kulit yang kering minimal 20-30 menit sebelum terpapar cahaya matahari. Tujuannya memberi kesempatan sunblock meresap dan memberi perlindungan maksimal pada kulit.

2. Gunakan sunblock yang lebih banyak pada bagian wajah yang sering terkena paparan sinar matahari.

3. Jangan lupa membubuhkan sunblock, meskipun pada hari yang berawan. Ulangi langkah itu setiap jam jika Anda berenang atau berkeringat. Pasalnya ada beberapa jenis sunblock yang tidak bersifat waterproof tahan air.

4. Rambut juga butuh pelindung karena rambut yang lebih banyak terkena paparan matahari cenderung kering dan kusam. Pertahankan kelembutannya dengan kondisioner yang mengandung pelindung sinar.

5. Hindari matahari bahkan saat Anda mengenakan sunblock, antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika keluar ruangan, kenakan selalu topi dan pelindung, seperti mengenakan pakaian yang menutupi lengan dan bagian tubuh lainnya yang sering terkena sinar matahari.(http://kaltimpost.co.id)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger