quantum note taker bab 2

Bookmark and Share
Jadikan Informasimu Lebih Mudah Diingat

Jika Otakmu Sebuah Krayon, Catatan Akan Tampak Seperti Ini.
Bila mencatat menyenangkan, kreatif dan bekerja sesuai cara kerja otakmu, kamu akan mendapatkan hasil lebih baik dalam belajar, dalam mengulang pelajaran untuk ujian, dan saat menulis karya tulis. Dan jika memakai peta pikiran untuk mencatat, kamu bisa melihat gambaran besar catatanmu dengan lebih jelas di pikiranmu.
Peta membuatmu bisa membangun hubungan dan mengaitkan ide-ide karena kamu menuliskannya dengan pas. Itu sebabnya kami mengatakan, seandainya otakmu punya joystick atau krayon besar, catatan yang muncul dan pikiranmu akan tampak seperti peta pikiran.

Peta Pikiran ( Mind Mapping )
Kamu mungkin sudah tahu tentang peta pikiran ( Mind Map ) karena cara ini sudah bertahun-tahun digunakan di seluruh dunia. Tony Buzan membuatnya agar kita bisa mencatat lebih baik dengan menirukan cara kerja otak. Dia melandaskan metode pemetaan ini pada penelitiannya tentang ingatan. Dua cara utama otak mengingat dengan baik adalah lewat asoasi ( menghubungkan dan mengaitkannya dengan sesuatu yang sudah dikenal ) dan menekankan ( membuat informasi itu penting bagimu lewat pengulangan dan penekanan ). Peta pikiran memberimu gambaran besar tentang informasi baru karena kamu menggambarkan koneksi untuk melihat hubungan antar-informasi, apa nilai pentingnya, dan apa yang ingin kamu ingat tentangnya.

Peta Pikiran Bak Sahabat Belajar yang Baik
Kamu bisa memakai peta pikiran yang kamu ciptakan di kelas untuk catatan pelajaran, atau menciptakan Peta Pikiran baru untuk membantumu belajar. Cara mana pun, jawaban yang kamu cari biasanya muncul dalam bentuk warna, gambar, symbol, dan kata. Seolah, Peta Pikiran membawamu kembali ke saat kamu membuatnya dan membantumu mengingat dengan tepat apa yang kamu pikirkan, serta penekanan pemaparnya. Itu cara peta pikiran membuat informasi mudah diingat.
Pengarang : Bobbi DePorter
Buku : Quantum Note Taker Bab 2

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger