Membuat text berjalan (marquee)

Bookmark and Share
Apa itu Marquee?

Marquee adalah teks berjalan dalam bahasa html. Kalo kita lihat marquee menurut semantik sepertinya ga ada hubungan dengan teks berjalan, tapi kalo diperhatikan lagi… mmmmh memang ga ada hubungannya ^_^ (sepertinya). Tapi kalo kita mau perhatikan lebih dalem, Marquee mempunyai arti “Tenda Besar,” atau “tempat berteduh seperti atap dimuka pintu masuk sebuah gedung” Mmmmh… apa hubungannya dengan marquee sebagai teks berjalan…? Setidaknya menurut saya memang ada, melalui “tenda” tersebut orang lalu lalang berjalan. :)
Berikut ini contoh-contoh sebagian kecil penggunaan marquee pada teks. Sengaja marquee-marquee di bawah ini saya beri title mulai marquee 1.0 sampai 3.0.3, tidak ada keistimewaan dari penamaan tersebut, hanya untuk memudahkan saya dalam memberi penjelasan. Plus tambahan saya sertakan kode html yang diperlukan, Anda tinggal mengganti teks yang ada dalam kode tersebut “Teks Anda”.
Contoh - Contoh Code Marquee :
<marquee>cahaya-cell.blogspot.com</marquee>
<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()">cahaya-cell.blogspot.com</marquee>
<marquee behavior="alternate">cahaya-cell.blogspot.com</marquee>
<marquee direction="up">cahaya-cell.blogspot.com</marquee>

<marquee direction="up" onmouseover="this.stop()" width="100%" scrollamount="2" onmouseout="this.start()" height="100">cahaya-cell.blogspot.com</marquee>

Pilih salah satu code diatas dan copykan ke gadget anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger