Jadikan Mencatat Kuantum Sebuah Kebiasaan

Bookmark and Share
Bagaimana menjadikan catatan kuantum bagian dari caramu belajar? Jadikanlah sebuah kebiasaan! Untuk itu, kamu harus berkomitmen berlatih teknik tersebut di setiap kesempatan—seperti yang saya lakukan dengan peta pikiran.

Jadikan latihanmu menyenangkan! Saat mengkaji catatan, buat salinan catatan peta pikiranmu dan tempelkan di dinding kamar. Bicarakan catatan CB dengan teman dan temukan cara baru untuk mengkaji dan menguji dirimu sendiri tentang apa yang sudah kamu pelajari. Cari gerakan tubuh untuk mengingat ide penting dari catatanmu. Saat catatanmu terpampang di dinding, kamu bisa mundur dan melihat semua informasi sekaligus, dekati dan lingkari hal-hal yang penting bagimu, dan bacalah dengan nyaring catatanmu.
Fokuskan diri pada berlatih dan menjadikan catatan kuantum sebuah kebiasaan. Jika ingin belajar lebih banyak tentang cara meningkatkan pembelajaran demi memperkuat informasi dan belajar lebih baik, kamu bisa membaca lebih banyak tentangnya di buku lain seri ini, Quantum Learner. Dan saat teknik catatan kuantum-mu menjadi kebiasaan yang lebih alami, kamu bisa menambahkan keterampilan baru untuk pencatatan lebih baik lagi.

Quantum Note-Taker terbiasa menceburkan diri pada apa yang mereka pelajari dan menghidupkannya dengan teknik mencatat kuantum dan semua indra mereka. Mereka suka menuliskan informasi, melingkari informasi penting, mewarnai ide, menempelkan peta pikiran besar di dinding kamar, memecah informasi menjadi bagian kecil, mengkajinya dengan cara menyenangkan, dan membaca catatan dengan suara nyaring. Tak hanya mempelajari informasi, mereka juga belajar tentang diri sendiri. Itu yang membutnya lebih menyenangkan!.

KESIMPULAN
Catatan CB dan peta pikiran adalah teknik mencatat kuantum yang membuat informasi lebih bermakna dan mudah diingat. Keduanya membuat informasi menjadi visual dan membuat hubungan penting. Dengan memakai kedua teknik ini, kamu menunjukan kepada orang lain bahwa kamu mendengarkan, dan bahwa kamu bisa mengajukan pertanyaan yang tepat saat itu juga. Menjadikan mencatat kuantum sebagai sebuah kebiasaan akan membuatmu siap belajar. Jika pemain bisbol, kamu tak berjalan ke kotak memakai sarung tangan untuk menangkap bola dan membawanya kembali ke bangku cadangan, tapi kamu berjalan ke kotak dengan membawa tongkat pemukul untuk mencetak homerun! Jika sedang masak, kamu tak hanya pergi ke pasar dan membiarkan bahan-bahanmu membusuk di kulkas: tapi kamu mulai mengolah semua bahan begitu tiba di rumah! Secara fisik, kamu siap untuk mewujudkan sesuatu. Begitu juga catatan kuantum. Kamu telah menguasai keterampilannya dan siap, serta tak sabar lagi memakainya untuk belajar.
Buku : Quantum Note-Taker bab 3
Pengarang :Bobbi DePorter

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger