Definisi Makanan Sehat

Bookmark and Share
Saat ini banyak orang menawarkan obat-obatan atau supplmen yang sering disebut atau dikatakan sebagai makanan sehat. Kadang-kadang ditawarkan dengan iming-iming yang menggiurkan sampai banyak orang tertarik.
Kadang-kadang banyak orang yang mengkomsumsi obat tersebut tanpa memperhatikan lagi hidup yang sehat dengan cara memilih makana yang baik.
 
Disamping itu banyak orang ingin secara instan menurunkan berat badan dalam sekejap mata, misalnya dalam menghadapi acara pernikahan atau event tertentu. Lalu mereka
minum obat pelangsing dan diest ekstra ketat tanpa konsultasi ke dokter sehingga menganggu kesehatannya.
 
Diet ekstra ketat bisa membuat anda kurang gizi dan harus hati-hati karena nanti bisa timbul syndrome yoyo : berat badan kembali naik begitu anda lepas diet dan “ balas dendam” dengan makan banyak lagi.
Yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan yang tidak membuat kita underweight atau overweight tetapi membuat berat bada kita normal atau tidak. Disamping itu, makanan sehat tidak membuat kolesterol atau gula darah kita tinggi, dan di dalam pemeriksaan darah secara berkala, gula, lemak dan asam urat tetap terkontrol dengan baik. Tidak memperburuk fungsi organ penting tubuh dan tekanan darah kita menjadi lebih stabil,

Diet yang seimbang

Untuk mendapatkan makanan yang sehat, perlu diatur diet yang seimbang. Artinya, semua jenis makanan yang kita komsumsi dalam jumlah yang cukup. Komposisi antara makanan yang satu dan yang lain seimbang. Tidak ada yang dikomsumsi secara berlebihan. Setiap makanan, meskipun baik buat kesehatn, bisa berbahaya apabila kita makan secara berlebihan.

Pada umumnya, makanan dapat dibagi dalam empat kelompok besar yaitu :

a. Beras dan penggantinya
b. Buah
c. Sayuran
d. Daging dan penggantinya


Diet yang seimbang berarti makanan utama terdiri dari nasi atau penggantinya, buah dan sayuran, dan daging atau penggantinya dalam jumlah yang lebih sedikit.

(Sumber : id.shvoong.com)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger