Makanan untuk Menghilangkan Bau Badan

Bookmark and Share

Makanan untuk Menghilangkan Bau Badan - Bau badan merupakan keringat lemak yang berasal dari kelenjar apokrin terdapat di area kulit yang memiliki rambut berlimpah seperti kulit kepala, ketiak dan selangkangan. Satu kelenjar lagi yang memproduksi keringat yaitu kelenjar ekrin yang berfungsi mendinginkan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang didapat MayoClinic, bau badan ditimbulkan oleh konsumsi makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih dan bawang bombay. Pencegahan bau badan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut :

1. Sayuran

Sayuran yang kaya akan seng, magnesium dan mineral seperti bayam, peterseli, kubis, mentimun dan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian mampu mengatasi masalah bau badan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, bau badan juga disebabkan oleh tingginya konsumsi kolin.Sayur-sayuran rendah kolin seperti kangkung, wortel, mentimun, labu, tomat, lobak, selada dan kol dapat dimakan segar atau dimasak..

2. Buah

Buah juga termasuk makanan rendah kolin yang dapat menghilangakn bau badan. Seperti apel, strawberry, pir, jus jeruk, jus anggur, nanas, pisang, blueberry dan semangka. Sebaiknya konsumsi buah-buahan yang masih segar agar kandungan gizinya tetap terjaga.

3. Jeruk Nipis

Air jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Membantu melancarkan sistem pencernaan juga sebagai disinfektan, memiliki zat antibiotik dan antioksidan. Health Tenang menyatakan limau juga dapat membantu menghilangkan bau badan. Pengolahannya dapat dijadikan minuman hangat dengan diperas dan dimunum sari jeruknya.

4. Daun Sirih

Daun sirih diketahui memiliki zat antiseptik yang mampu mengatasi bau badan. Daunnya mudah didapat dan harganya relatif murah. Untuk menghilangkan bau badan daun sirih ini dapat dibuat minuman. Caranya rendam 3 helai daun sirih didalam air panas diamkan hingga dingin kemudian dapat diminum langsung, bisa ditambah madu untuk menambah rasa.

5. Daun Kemangi 

Daun ini juga memiliki zat aktif antiseptik yang mampu mengatasi bau badan dan bau mulut. Selain itu berdasarkan penelitian yang dilakuakn Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS, daun kemangi dapat mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, sembelit, cacingan hingga penyakit ginjal. Daun kemangi biasa disajiakn sebagai lalapan segar jika tidak suka bisa diminum air perasan daun kemangi yang dicampur daun kunyit dan daun beluntas diminum setiap hari.

daun kemangi
Daun Kemangi (Foto: theardentepicure.com)
6. Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang memiliki zat aktif seperti sapomin, flavoinoida dan polifenol yang mampu mencegah timbulnya bakteri penyebab bau tidak sedap. Biasanya bunga kecombrang disajikan untuk lalapan, pecel atau digulai. Konsumsi bunga kecombrang secara rutin dapat mengatasi masalah bau badan.

7. Jahe

Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, jahe segar juga dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Jahe dapat diolah dengan dibuat wedang jahe atau air jahe dan dikonsumsi secara teratur. Tiap 100 gram jahe mengandung 51 kkal kalori, protein 1,5 gram, lemak 1 gram dan karbohidrat 10,1 gram.

Anda sekarang sudah mengetahui Makanan untuk Menghilangkan Bau Badan.


Penulis : Dyah Oktabriawatie
Sumber : detikFood (Rabu, 30/11/2011 09:23 WIB)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger