Lima Faktor Kesuksesan Usaha Hotel / Penginapan

Bookmark and Share


1. Faktor Kebersihan.
Adalah faktor utama yang langsung dilihat dan dirasakan oleh tamu hotel. kebersihan hendaknya tidak hanya di lobby saja, atau dikamar tamu saja namun kebersihan secara menyeluruh dari mulai gerbang pintu masuk hotel, seragam seluruh karyawan sampai ke bagian yang mungkin tidak tersentuh oleh tamu seperti back office, dapur dll. kebersihan di bagian back office maupun seragam karyawan ini akan memberikan pengaruh kenyamanan bekerja bagi staff anda yang akan menumbuhkan kebaggaan dalam bekerja.

2. Keramahtamahan
Orang atau tamu akan langsung merasa nyaman atau tidak nyaman hanya dengan secara sekilas melihat raut wajah yang ditampilkan oleh karyawan suatu hotel meskipun saat itu tidak sedang melayaninya. keramahtamahan staff hotel harus ditunjukan oleh semua lini baik mulai dari level yang terendah sampai level yang tertinggi di hotel. bila perlu, seorang manager hotel membantu belboy mengangkat barang atau membantu waiter melayani tamu di restaurant. keterlibatan seorang manager hotel dalam melayani tamu tidak akan sekali-kali menurunkan wibawanya sebagai manager hotel namun hal ini bisa memberikan pengaruh ganda yaitu bagi tamu dan bagi karyawannya. bagi tamu, mereka akan merasa bangga apabila dilayani oleh seorang manager, sedangklan bagi karyawan hotel akan termotivasi untuk bekersa secara baik & benar dengan penuh semangat. keramahan seorang manager hotel juga bisa mempengaruhi karyawannya untuk selalu bertindak ramah kepada para tamu hotel.

3. Kecepatan pelayanan
Faktor kecepatan dalam hal pelayanan menjadfi hal yang sangat mutlak harus diberikan oleh karyawan hotel kepada para tamunya. kecepatan dalam proses check in dan check out, pembersihan kamar, pengantaran pesanan makanan dll. faktor kecepatan dalam pelayanan menjadi sangat penting saat ini dimana konsumen semakin sibuk dan waktu yang sangat berharga bagi mereka.

4.Kesesuaian
Kesesuaian yang dimaksud disini adalah kesesuaian antara harga yang harus dibayar oleh tamu dengan fasilitas dan pelayanan yang didapat. semua tamu akan berhitung, apabila mereka sudah mengeluarkan uang yang banyak namun yang didapatkannya sangat mengecewakan maka sudah dapat dipastikan dia tidak akan pernah kembali lagi ke hotel anda. sebaliknya, harga yang mahal sering kali tidak dipersoalkan oleh tamu apabila mereka mendapatkan sesuatu yang lebih dan sangat berkesan di hotel anda. tidaklah mengherankan apabila ada suatu hotel kecil, terpencil dengan harga yang mahal tetap saja ramai dikunjungi oleh tamu-tamu setianya.

5.Keunikan.
Memiliki keunikan atau sesuatu yang hanya dimiliki oleh hotel anda adalah nilai jual yang sangat tinggi bagi suatu hotel, sehingga banyak pemilik hotel berfikir untuk mencari keunikan apa yang bisa ditampilkan oleh hotel yang dimilikinya. memiliki keunikan bisa dari segi fisik bangunan, design kamar, kelezatan makanan sampai pelayanan extra yang tidak dijumpai dihotel lain.
Kelima faktor diatas hanyalah sebagian faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha hotel yang anda kelola,masih banyak faktor lain yang perlu digali misalnya saja professionalisme dll.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger