Sejumlah Gunung Bergejolak

Bookmark and Share
  

Sikka: Aktivitas vulkanik Gunung Egon di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, kembali meningkat dan kini berstatus waspada. Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi Bandung terus memantau aktivitas Egon dari jarak enam kilometer, baru-baru ini.

Kendati belum berdampak pada kehidupan warga, petugas mengingatkan warga untuk selalu waspada. Terlebih, selain Gunung Egon, dua gunung api lain di Flores Timur, yakni Gunung Lere Boleng dan Gunung Lewotobi, juga mendapat pengawasan.

Sedangkan di Garut, Jawa Barat, pascagempa berkekuatan 4,5 skala richter, aktivitas Gunung Papandayan terus meningkat. Begitu juga dengan aktivitas Gunung Galunggung di Tasikmalaya.

Berdasarkan data dari pos pemantauan, Gunung Galunggung di  masih berstatus aktif normal. Kendati ada peningkatan aktivitas, gempa yang terjadi masih fluktuatif dan tidak membahayakan masyarakat [baca: Aktivitas Sejumlah Gunung Meningkat]

Status Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda hingga kini masih waspada. Tak hanya suara dentuman yang terdengar, gempa vulkanik juga sudah terjadi 300 kali dalam sehari.

Petugas sudah berada di gunung itu sejak Kamis silam untuk memperbaiki alat pemantau. Petugas mengimbau nelayan tak berada di kawasan Selat Sunda yang berjarak empat kilometer dari Gunung Anak Krakatau.(ULF)

Sumber : Liputan6.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger