Cara Terampil untuk Mengkritik Orang

Bookmark and Share
Kunci kritik yang berhasil terletak dalam jiwa kritikan itu.

Jika anda mengkritik terutama untuk “memerintah/memperingatkan orang lain” atau “mau menjejalkan sepenggal gagasan anda” atau “memberinya hukuman”, maka anda tidak akan mendapatkan apa pun dari kritik tersebut, kecuali kepuasan untuk melampiaskan kebengsian anda dan kemarahan orang lain, karena tidak seorang pun senang dikritik.
Akan tetapi, jika anda tertarik pada tindakan korektif, anda dapat mencapai banyak hal dengan kritik anda jika anda melakukannya dengan cara yang tepat.
Berikut ini ada beberapa aturan yang akan membantu anda untuk mengkritik dengan tepat.

7 Keharusan untuk Melakukan Kritik yang Berhasil :

1.Jangan pernah mengkritik di depan umum.
Tidak ada pintu yang terbuka, tidk ada teriakan yang keras, tidak ada orang lain yang mendengarkan---mutlak antar pribadi.

2.Mulailah kritik dengan kata atau pujian yang baik.
Ciptakanlah suasana bersahabat---memperlunak “pukulan”. (ciumlah dia sebelum anda menendangnya).

3.Buatlah kritik itu impersonal---kritiklah perbuatannya, bukan orangnya.
Perbuatanlah yang harus dikritik, bukan orangnya.

4.Sediakan jawaban.
Jawaban berarti cara yang benar. Ketika anda memberi tahu seseorang bahwa apa yang dia lakukan salah, anda seharusnya juga memberi tahu dia bagaimana melakukannya dengan benar.

5.Mintalah kerja sama---jangan menuntutnya.
Adalah kenyataan bahwa anda akan mendapat kerja sama lebih besar dari orang jika anda memintanya daripada jika anda menuntutnya.
Menuntut adalah cara terakhir.

6.Satu kritikan untuk sebuah pelanggaran.
Kritikan yang paling benar dibenarkan hanya SEKALI.

7.Akhiri kritik dengan perkataan yang bersahabat.

Akhirilah dengan perkataan “kita tetap berteman, kita telah menyelesaikan masalah kita, marilah kita bekerja bersama-sama dan saling membantu.”

Bukan dengan perkataan, “kamu sudah ditegur, sekarang perbaiki perbuatanmu.”

Ini adalah aturang paling penting dari ketujuh aturan diatas.


Pengarang : Les Giblin
Buku : SKILL WITH PEOPLE BAB 11

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger