HARAPKAN HASIL TERBAIK

Bookmark and Share
Pikirkan pelajaran paling sulit yang pernah kamu dapatkan di sekolah . Bayangkan semua buku , makalah, dan catatan tentang pelajaran itu menumpuk dihadapanmu . Sekarang, bayangkan tumpukan buku dan kertas yang seratus lebih tebal daripada itu --- cukup besar untuk memenuhi seluruh kamarmu . Begitulah banyaknya pelajaran yang perlu kamu dapatkan untuk bisa mengambil langkah pertama saat baru belajar berjalan .

Menjadi Pembelajar :
- Memperoleh nilai yang menarik perhatian .
- Mendapatkan teman yang “memahami” dirimu.
- Fokus pada apa yang kamu inginkan .

Lakukan!

Mendapatkan hasil terbaik sering kali berarti mengambil risiko untuk mencoba sesuatu yang baru . Saat melakukan itu , walaupun kamu tak benar-benar yakin bagaimana hasilnya nanti , kamu tetap melakukannya. Kamu harus menciptakan momentummu sendiri untuk berubah dari mendambakan menjadi mendapatkan . Belajar terjadi diantara keduannya --- namanya zona belajar .Disanalah kamu melakukan lompatan dari mendambakan menjadi mendapatkan .

Pelajari SKK –mu
Baik sedang belajar rollerblade, menulis buku laporan , maupun memperbaiki hubungan dengan teman , kamu bisa mendapatkan lebih daripada yang kamu inginkan asal kamu mau mengubah SKK-mu : Sikap , keyakinan, dan konsentrasi . anggap ini SKK-mu untuk belajar di tahap yang baru .

Setiap waktu , kamu bisa memerintahkan otak dan tubuhmu agar bersikap positif untuk belajar . Lakukan tiga hal berikut untuk memicu perubahan di kemistri tubuhmu yang akan membantumu mengendalikan perasaan , pikiran , dan tindakan :

1. Sesuaikan kondisi fisilogismu. (Duduk tegak , berdiri tegak .)
2. Bernapas dari perut . (Tarik napas perlahan dan dalam untuk menenangkan diri .)
3. Lihat dan dengarkan . (perhatikan.)

Meyakini sesuatu , secara otomatis akan mengubah cara berpikir dan membuatnya nyata di benak.


[Diringkas dari buku "Quantum Learner" Bab-1, Bobbi DePorter, 2007]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger