Cara Fungi Memperoleh Makanan / Nutrisi

Bookmark and Share
Cara Fungi Memperoleh / Mendapatkan Makanan / Nutrisi - Fungi bersifat heterotrof, artinya tidak dapat menyusun atau mensintesis makanan sendiri. Fungi tidak memiliki klorofil, sehingga tidak bisa berfotosintesis. Fungi hidup dengan memperoleh makanan dari organisme lain atau dari materi organik yang sudah mati. Untuk memenuhi kebutuhan makanannya, Fungi dapat hidup secara saprofit, parasit, dan simbiotik. Kebanyakan Fungi adalah bersifat saprofit. Fungi tersebut memperoleh makanannya dari materi organik yang sudah mati atau sampah. Untuk memperoleh makannya, hifa Fungi mengeluarkan enzim pencernaan, yang dapat merombak materi organik, menjadi materi yang sederhana (anorganik) sehingga mudah diserap oleh Fungi. Fungi payung, ragi (Saccharomyces cerevisiae), dan jamur tempe (Rhizopus oryzae) termasuk dalam kelompok jamur ini. (Baca juga : Ciri-ciri Fungi)

Beberapa jenis Fungi, ada yang mendapatkan makanannya langsung dari tubuh inangnya. Fungi tersebut hidup sebagai parasit yang menyerang tumbuhan, biasanya mempunyai hifa khusus, yang disebut haustoria. Bentuk hifa tersebut dapat menembus sel inang dan menyerap zat makanan yang dihasilkan inang. Fungi parasit tersebut sering menimbulkan penyakit pada tanaman, sehingga di bidang pertanian menyebabkan penurunan hasil panen. Pada manusia, Fungi juga menyebabkan penyakit, misalnya penyakit kaki atlit (athlete’s foot) dan penyakit panu.

Beberapa jenis Fungi ada yang membentuk hubungan simbiosis mutualisme dengan akar tumbuhan. Dalam hal ini, Fungi menyediakan materi organik bagi tumbuhan dan sebaliknya, Fungi memperoleh materi organik dari tumbuhan. Selain itu beberapa jenis Fungi ada juga yang bersimbiosis dengan ganggang hijau (Chlorophyta) atau ganggang hijau-biru (Cyanobacteria) membentuk lumut kerak atau Lichens. Perhatikan Gambar 1.

Usnea florida
Gambar 1. Usnea florida. Photograph: Robin Crump/britishlichens.co.uk
Anda sekarang sudah mengetahui Cara Fungi Memperoleh Makanan / Nutrisi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger