MENINGKATKAN KUALITAS PEMBICARAAN

Bookmark and Share
Suasana pembicaraan adalah kata kunci dari kualitas pembicaraan. Orang yang mampu menciptakan suasana menarik dalam pembicaraan akan mampu meyakinkan siapapun yang mendengarnya. Ambil bagian – bagian sederhana tetapi penting untuk dilakukan. Tangkaplah peluang yang akan meningkatkan citra diri anda melalui bicara. Ingat, orang menilai anda dari cara bicara dan kualitas pembicaraan anda.

Banyak cara yang dapat digunakan dalam rangka menghidupkan suasana pembicaraan, apalagi bila waktu bicara cukup panjang. Beberapa cara yang dapat anda gunakan antara lain :

1.Partisipasi sidang pendengar
Metode diskusi kelompok, dengan cara membagi pendengar menjadi kelompok – kelompok kecil dan kemudian setiap kelompok kecil di beri tugas, pertanyaan, atau kuis kemudian diminta mempresentasikan jawabannya didepan pendengar yang lain akan meningkatkan yang lain akan meningkatkan partisipasi pendengar dan menghidupkan suasana.

2.Seni untuk tanya jawab
Memberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dapat menguji apakah materi sudah dapat ditangkap dengan baik oleh pendengar.

3.Antusiasme
Tunjukan antusiasme pembicara sewaktu menyampaikan materi.

4.Situasi yang menyenangkan
Ciptakan situasi yang menyenangkan dan tidak menegangkan / mengancam.

5.Pendengar yang ‘sulit’
Tidak seluruh pendengar adalah pendengar yang kooperatif, mungkin saja ada peserta yang ‘sulit’. Sebaiknya, jangan menimbulkan pertentangan langsung dengan peserta lain di depan umum.

6.Gunakan alat bantu
Alat bantu dapat mendukung pembicara dalam menyampaikan gagasan atau berita. Tiga kelompok alat bantu yang dapat mendukung pembicaraan adalah menstimuli :
Visual, Hearing, dan Feeling (VHF).
- Visual : papan tulis, OHP, video
- Hearing : efek suara
- Feeling : makalah/hand out

Mengantisipasi kekurangan dalam berbicara
William Shakespeare, seorang penulis inggris yang sering kali disebut sebagai sastrawan terbesar inggris, pernah mengatakan “jaga sedikit cara bicara anda. Jangan biarkan merusak keberuntungan anda”. Banyak sekali kasus orang – orang yang dipenjara karena menyampaikan pemikiran – pemikiran hebatnya dengan cara yang kurang tepat, atau dikucilkan karena pembicaraannya dianggap tidak sesuai tatanan nilai – nilai idealis yang sudah dibentuk oleh banyak orang. Akan tetapi, kasus yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari – hari ternyata lebih menjurus pada keminderan berbicara, karena mengetahui bahwa dirinya memiliki banyak kekurangan. Tapi nanti dulu, apabila kekurangan yang anda miliki itu terjadi karena faktor alamiah dan kebaisaan, maka anda pasti dapat mengatasinya.
Nada Suara
Suara bernada tinggi merupakan kekurangan serius bagi orang bisnis. Bukan saja merugikan namun juga kekurangan kekuasaan. Bagi wanitaakan seperti suara kapur menderit – derit di papan tulis. Perhatikan hal – hal berikut :

1. Gunakan beberapa “perileks” setiap hari untuk mengeluarkan tegangan sehari- hari. Gunakan untuk membuat rileks kepala, rahang, tenggorokan, leher.

2. Jangan mengetatkan gigi pada saat berbicara.

3. Belajarlah merasakan tegangan dari tenggorokan yang terbuka seperti saat menguap.

4. Jangan kontraksikan di mulut saat berbicara.

5. Buatlah bibir bergerak dalam hidup, jangan malas.

6. Jadilah orang yang bernada suara rendah.

7. Jadilah orang yang berbicara dengan lembut.

8. Tekankan dan bersuaralah dengan rendah sebisa mungkin.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger