BICARA EFEKTIF DI MUKA UMUM.

Bookmark and Share
“Bicara dapat mengubah hidup anda” itulah yang disampaikan Dorothy Sanoff, seorang pendiri Speech Dynamics yang juga merupakan konsultan utama gedung putih. Terbukti dalam peneitiannya, bahwa banyak orang sukses karena kemampuannya berbicara dengan baik. Seorang pembicara harus aktif dan efektif. Salah satu keaktifan yang perlu anda pelajari dan latih adalah keterampilan berbicara di depan umum.

Ikuti langkah-langkah praktis yang mungkin dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan berbicara efektif, sehingga apabila ada kesempatan anda ditunjuk menjadi pembicara tidak lagi terjadi ‘demam panggung’, tetapi justru menyenangkan.

TIPS BICARA EFEKTIF DAN TIDAK BERTELE-TELE

Dalam rapat-rapat intern ataupun dengan relasi, perlu diperhatikan teknik bicara yang efektif dan tidak bertele-tele. Ini akan membuat pendengar lebih fokuss dan mudah menangkap ide atau maksud pembicaraan anda. Berikut beberapa tips bicara efektif :

1. Jangan berputar-putar pada hal-hal keci yang orang lain pun tidak terlalu mempedulikannya.

2. Jangan mengulangi komentar
.
3. Kecuali si pendengar tidak mendengar anda atau menunjukan bahwa dirinya tidak memahami pembicaraan anda, lebih baik anda menyampaikan informasi sekali saja, tidak perlu mengulang atau membuat penekanan.

4. Anda harus yakin informasi atau ide yang akan anda sampaikan itu benar-benar baru. Orang tidak suka mendengar pengulangan ide.

5. Batasi penggunaan kata-kata. Lebih baik menggunakan sedikit kata namun bisa mengungkapkan pikiran anda dengan baik.

6. Berbicaralah dengan kecepatan normal.

7. Jangan terlalu banyak mengungkapkan canda.

8. Kurangi penggunaan ekspresi-ekspresi tidak perlu yang menunukan anda sedang berpikir keras. Seperti : ‘mmmm...’, ‘anu....’ dsb.

9. Jangan mendiskusikan informasi-informasi yang tidak relavan dengan topik pembicaraan. 10. Pertanyaan yang anda lontarkan sebaiknya menyangkut kepentingan banyak orang.

Pertanyaan spesifik lebih baik disampaikan di luar forum.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger