Jadikan Informasimu Penuh Makna

Bookmark and Share
Hubungkan Informasi Baru dengan Informasi yang Sudah Kamu Ketahui.

Sebenarnya, apa sih manfaat mencatat? Kebnayakan dari kita merasa perlu untuk menuliskan agar informasi lebih bermakna? Bukan hanya menuliskan apa yang dikatakan orang lain.
Catatan CB : Jangan hanya mencatat, tapi membuat catatan.
Catatan : CB adalah teknik mencatat yang membawanu memahami informasi mengingatnya lebih lama dan memahaminya lebih baik. Dicatatan CB, “C” adalah kependekan dari catat dan “B” kependekan dari membuat catatan. Catatn CB adalah teknik siap pakai untuk mencatat pelajaran dikelas atau presentasi apapun.
- Catatan CB membantumu memfokuskan diri pada informasi dan membuatnya lebih bermakan.
- C untuk mencatat, tuliskan informasi yang ingin kamu ingat.
- B untuk membuat catatan, tuliskan pikiran dan perasaan-mu sendiri.
Satu cara kunci membuat informasi bermakan adalah mengaitkannya dengan kepentingan pribadi kita. Bagi beberapa dari kita, ide menuliskan pikiran dan perasaan kita sendiri saat mendengarkan guru atau pembicara mungkin mengejutkan. Lagi pula, bukanlah seharusnya guru yang mengetahui informasi dan kita yang belajar?
Salah satu alasan catatan CB berhasil adalah karena tekinik ini menjadikan penilaian, rasa ingin tahu, dan pendapat penting. Belajar itu sesuatu yang mengasikan dan menarik, catatn CB menganggap penting perasaan kita, apa yang kita pedulikan, dan apa yang sudah kita ketahui. Teknik ini menyelaraskan pikiran kita dan informasi baru lewat menghubungkannya dengan apa yang penting bagi kita !.
Tahukah kamu mengapa pikiran kita melantur meski kita sudah berusaha keras untuk memperhatikan?. Otak kita memproses informasi lebih cepat daripada kecepatan suara manusia! Bahkan, rata-rata kecepatan orang normal tak bisa mengikuti kecepatan prosesor otak kita. Rata-rata kecepatan berbicara manusia adalah 200-300 kata per menit. Otak kita memproses apa yang kita dengar dengan kecepatan 600-800 kata per menit, waktu jedanya sanagat banyak! Damapak dari waktu jeda ini, serta kemampuan otak kita untuk membuat hubungan, kita mengisi kelebihan waktu dengan pikiran kita sendiri. Catatn CB membantumu mengubah ngelanturnya otakmu menjadi bermanfaat bagi pembelajaran yang lebih bermakna.
Kunci lain membuat informasi bermakna adalah mengaitkannya dengan pembelajaran sebelumnya. Inilah salah satu ide otak besar: kita menghubungkan informasi baru dengan apa yang kita ketahui untuk membuatnya bermakna. Artinya, saat kita mendengar sesuatu yang baru, otak kita langsung memindai bank ingatan kita untuk membuat kata itu bermakna: semua konsep yang kita ketahui dan kita pahami.
Selalu Gunakan Catatan CB untuk membuat Catatan Penuh Makna
- Lebih mudah diingat : kamu bisa menghafal informasi lebih baik dengan membaca pikiranmu saat menuliskan catatan
- Menghubungkan ke emosimu kamu menyatu dengan memori emosionalmu
- Melamun konstruktif : kamu tahu pikiranmu melantur, jadi kamu bisa memakai lamunan itu untuk menuangkan apa yang kamu pikrikan.
- Cara penilaian : kamu lebih menyadari caramu membuta penilaian, jadi kamu bisa lebih terbuka untuk melihat visi yang lain . ini terutama sangat berguna untuk menuliskan ketidak setujuan pada paparan guru. Atau pembicara, atau mempercayai apa yang mereka ungkapakan. Kamu bisa berkata pada dirimu sendiri” aku boleh saja tidak sepakat , tapi aku bisa mendengarkan dan membuka pikiran.“


Pengarang : bobbi deporter
Buku /bab : Quantum note taker bab 1

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger